Jawaban pidato singkat dengan tema puasa Ramadhan​

Hello jumpa lagi kawan-kawan di Info Kita Semua, bank soal untuk pelajar Indonesia.

Pada artikel kali ini kita akan membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: pidato singkat dengan tema puasa Ramadhan​, yuk kita sama-sama simak pembahasannya.

Pertanyaan

pidato singkat dengan tema puasa Ramadhan​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: pidato singkat dengan tema puasa Ramadhan​

Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Seyogya-nya mari bersama-sama bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt. hari ini sehingga kita dapat berkumpul di sini dengan sehat wal afiat. Shalawat serta salam marilah kita tuturkan kepada Nabiyullah kita, Nabi Muhammad SAW yang pada akhir zaman kita nantikan syafaatnya.

Telah kita ketahui bersama, kita telah menghadap bulan yang penuh berkah, Bulan Suci Ramadhan. Di bulan ini banyak keberkahan yang akan kita terima jika kita melakukan hal-hal yang sesuai dengan jalan kebenaran. Di antara jalan kebenaran itu, ada beberapa kegiatan yang dapat membawa kita kepadanya, yaitu :

  • Tadarus Al-Qur’an secara rutin.
  • Berpuasa Ramadhan.
  • Shodaqoh dengan ikhlas, dan;
  • Menjauh nafsu.

Mungkin untuk point 1, 2, dan 3 kita telah dalam fase qatam, namun di fase 4 inilah yang sangat sulit kita lakukan. Saat berpuasa kita masih sering marah, berbohong, bergunjing, dan melaksanakan kemaksiatan lainnya. Lalu apa yang kita dapat dari puasa kita? Tentu tidak ada. Oleh karena itu kita harus benar-benar melatih untuk menjaga nafsu kita. Yang masih suka marah, berbohong dan bergunjing satu bulan ini tolong dihindari. Yang masih bermaksiat, menonton video Kpop, anime fiksi, game online mohon stop dulu. Lebih baik kita mengisi waktu dengan point 1, 2, dan 3 agar puasa kita tidaklah sia-sia.

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada yang tersinggung atau tersakiti hatinya. Saya akhiri, Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pembahasan

Teks Pidato atau speech text adalah salah satu jenis teks yang membahas mengenai seruan, anjuran, pengetahuan, dan pokok lainnya dimana teks ini digunakan untuk menyuarakan pendapat di muka umum. Untuk membuat pidato, kita harus memperhatikan beberapa ketentuan, yaitu :

  • Bahasa haruslah baku dan sopan

Bahasa yang kita gunakan memang sebaiknya tersusun dari kata yang baku. Hal ini disebabkan karena dengan bahasa baku, orang akan lebih mengerti apa yang kita maksud. Selain itu, kita juga harus menggunakan bahasa yang sopan agar yang kita serukan/anjurkan menjadi tergerak untuk berubah secara spontan dan bukan malah marah atas pidato kita.

  • Memperhatikan struktur pidato

Struktur pidato secara umum bisa kita bagi menjadi 3 fase, yaitu pembukaan (ucapan salam, sambutan, serta sanjungan), isi (topik utama yang kita bahas), dan penutup (ucapan salam penutup serta permintaan maaf). Nah, kita harus menggunakan semua struktur tersebut karena pidato yang baik adalah yang strukturnya kompleks.

Pelajari Lebih Lanjut

  • Contoh pembukaan pidato tema Ramadhan : brainly.co.id/tugas/28609478
  • Contoh pidato tentang Covid-19 : brainly.co.id/tugas/28109312
  • Kebahasaan teks pidato : brainly.co.id/tugas/13733681
  • Belajar tentang pidato: brainly.co.id/tugas/9792994

Detail jawaban

Kelas : 7 SMP

Mata pelajaran : Bahasa Indonesia

Materi : Bab 10 – Pidato

Kode kategorisasi : 7.1.10

Kata kunci : Membuat Teks Pidato

#BelajarBersamaBrainly

#AyoBelajar

Bagaimana? Apa tulisan di atas cukup membantumu?

Atau kamu mungkin memiliki pendapat yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…