Jawaban pada bulan ramadhan 2014 lalu si A tidak puasa selama 7 hari karena halangan, setelah bulan ramadhan…

Hello jumpa lagi kawan-kawan di Info Kita Semua, bank soal untuk siswa Indonesia.

Pada artikel kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: pada bulan ramadhan 2014 lalu si A tidak puasa selama 7 hari karena halangan, setelah bulan ramadhan…, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

pada bulan ramadhan 2014 lalu si A tidak puasa selama 7 hari karena halangan, setelah bulan ramadhan si A hanya mampu melunasi 5 puasa, jadi si A masih memiliki 2 hutang. namun dia sudah bertemu bulan ramadhan 2015, bagaimana cara si A melunasi hutangnya tsb?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: pada bulan ramadhan 2014 lalu si A tidak puasa selama 7 hari karena halangan, setelah bulan ramadhan si A hanya mampu melunasi 5 puasa, jadi si A masih memiliki 2 hutang. namun dia sudah bertemu bulan ramadhan 2015, bagaimana cara si A melunasi hutangnya tsb?

Jika dia sengaja menunda qadha hingga masuk ramadhan berikutnya, tanpa udzur atau karena meremehkan. Ada 3 hukum untuk kasus ini:Hukum qadha tidak hilang. Artinya tetap wajib qadha, sekalipun sudah melewati ramadhan berikutnya.

Ulama sepakat akan hal ini.Kewajiban bertaubat. Karena orang yang secara sengaja menunda qadha tanpa udzur hingga masuk ramadhan berikutnya, termasuk bentuk menunda kewajiban, dan itu terlarang. Sehingga dia melakukan pelanggaran. Karena itu, dia harus bertaubat.

Tetapi jika dia menunda qadha karena udzur, misalnya kelupaan, sakit, hamil, atau udzur lainnya. Dalam kondisi ini, dia hanya berkewajiban qadha tanpa harus membayar kaffarah. Karena dia menunda di luar kemampuannya.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: pada bulan ramadhan 2014 lalu si A tidak puasa selama 7 hari karena halangan, setelah bulan ramadhan si A hanya mampu melunasi 5 puasa, jadi si A masih memiliki 2 hutang. namun dia sudah bertemu bulan ramadhan 2015, bagaimana cara si A melunasi hutangnya tsb?

jika kekurangannya krn suatu hal, misalnya sakit tdk apa2,
ditahun dpn setelah romadhon bayar qodho’nya
tp jika krn sengaja diundur2 dosa besar

Bagaimana? Apa pembahasan barusan cukup membantumu?

Atau kamu mungkin memiliki jawaban yang lebih baik?

By bye…