Jawaban Mengapa kita dilarang untuk berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha? tulis hadisnya! tolong d…

Hello jumpa lagi teman-teman di Info Kita Semua, bank soal untuk pelajar Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Mengapa kita dilarang untuk berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha? tulis hadisnya! tolong d…, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

Mengapa kita dilarang untuk berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha? tulis hadisnya!

tolong di jawab ya…​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Mengapa kita dilarang untuk berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha? tulis hadisnya!

tolong di jawab ya…​

Jawaban:

Pada masa itu, kita (umat muslim) melakukan perayaan maka hendaklah mengikuti perayaan tersebut, karena itu hari-hari makan dan minum.

Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah SAW bersabda: hari Arafah (9 Dzul Hijjah), hari Idul Adha (10 DzulHijjah) dan hari-hari Tasyrik merupakan hari raya kita umat Islam. Hari-hari tersebut merupakan hari makan dan minum.” (HR. Abu Daud).

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Mengapa kita dilarang untuk berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha? tulis hadisnya!

tolong di jawab ya…​

jawaban:

larangan tersebut dikarena pada saat itu adalah momentum hari pengorbanan, dan jika orang berpuasa maka mereka telah bertentangan dengan perintah Allah SWT dalam Surah Al-Hajj ayat 28 yang berbunyi:

لِّيَشۡهَدُواْ مَنَٰفِعَ لَهُمۡ وَيَذۡكُرُواْ ٱسۡمَ ٱللَّهِ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعۡلُومَٰتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلۡأَنۡعَٰمِ فَكُلُواْ مِنۡهَا وَأَطۡعِمُواْ ٱلۡبَآئِسَ ٱلۡفَقِيرَ

Artinya: “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir,” (QS. Al-Hajj: 28).

Hadits:

Larangan berpuasa pada hari tersebut bersandar pada hadits Rasulullah SAW yaitu:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari puasa pada dua hari: Idul Fitri dan Idul ‘Adha,” (HR. Muslim no. 1138).

Inilah alasan mengapa muslim tidak dianjurkan untuk berpuasa saat lebaran, sebagaimana dikatakan ulama Saudi, Syaikh Ibnu Utsaimin yang menyebutkan:

“Kebijaksanaan tidak mempersembahkan puasa pada hari Idul Fitri adalah bahwa hari Idul Fitri adalah hari berbuka puasa dari Ramadhan, dan Ramadhan tidak dapat ditentukan (dipilih) kecuali dengan berbuka puasa (tidak puasa) pada hari lebaran,” demikian kata Syaikh Ibnu Utsmani.

smoga mmbntu^^

Bagaimana? Apa pembahasan barusan sudah membantumu?

Atau kamu malah memiliki pendapat yang berbeda?

By bye…