Jawaban di jawab ya kak. selamat puasa. bentar lagi lebaran​

Hei hei hei… jumpa lagi dengan kalian di Info Kita Semua, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: di jawab ya kak. selamat puasa. bentar lagi lebaran​, yuk kita sama-sama simak pembahasannya.

Pertanyaan

di jawab ya kak. selamat puasa. bentar lagi lebaran​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: di jawab ya kak. selamat puasa. bentar lagi lebaran​

6.

1. Politik; melarang menggunakan bahasa Belanda, dibentuknya BPUPKI dan PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan RI,

2. Ekonomi; didirikannya Kumyai yaitu koperasi untuk kepentingan bersama, diperkenalkan sistem pertanian baru (line sistem) untuk meningkatkn komoditi

3. Budaya; memberikan kebebasan penggunaan bahasa Indo sebagai bahasa inti dalam keseharian, membentuk persafi (persatuan aktris film indonesia)

4. Militer; melatih dan mempersenjatai pemuda indonesia yang awalnya untuk kepentingan jepang, tapi dijadikan modal oleh pemuda untuk berperang

5. Sosial; munculnya sikap persatuan untuk melawan penjajah, pembentukan strata hingga yang paling bawah

7.A. Aspek Hukum

Proklamasi merupakan pernyataan yang isinya berupa keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial (bangsa penjajah) dan diganti dengan hukum nasional (Indonesia), yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan demikian, semua produk hukum bangsa penjajah diganti dengan produk hukum bangsa Indonesia.

b. Aspek Historis

Proklamasi merupakan titik akhir sejarah penjajahan di bumi Indonesia sekaligus menjadi titik awal Indonesia sebagai negara yang merdeka bebas dari penjajahan bangsa lain. Sejarah membuktikan bangsa Indonesia mampu melawan dan mengusir penjajah walaupun dengan peralatan yang sederhana.

c. Aspek Sosiologis

Proklamasi menjadikan perubahan dari bangsa yang terjajah menjadi bangsa yang merdeka. Proklamasi memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan. Jiwa rakyat Indonesia-pun berubah menjadi masyarakat yang bebas membangun kembali bangsa yang setelah sekian lama dijajah dan porak poranda akibat peperangan, khususnya jiwa mengisi kemerdekaan dengan yang bermanfaat.

d. Aspek Kultural

Proklamasi membangun peradaban baru dari bangsa yang digolongkan pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia yang sama. Setelah proklamasi, bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai kemanusiaan setelah pada masa penjajahan begitu banyak pemaksaan yang dilakukan oleh penjajah untuk melakukan suatu pekerjaan.

e. Aspek Politis

Proklamasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan mempunyai kedudukan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Setelah proklamasi, bangsa Indonesia dapat menentukan sikapnya tanpa ada yang memaksa.

f. Aspek Spiritual

Proklamasi yang diperoleh merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang meridai perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari doa seluruh rakyat Indonesia kepada Yang Mahakuasa untuk segera terlepas dari penjajahan. Kemerdekaan tidak akan tercapai jika tidak ada izin dan kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa.

8.Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya ketidaksepakatan antara para pejuang kemerdekaan dari golongan tua dan golongan muda mengenai waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Golongan muda ingin kemerdekaan diproklamasikan segera, setelah Jepang menyerah dan sebelum datangnya pasukan Sekutu (termasuk Belanda) ke Indonesia.

Golongan tua ingin kemerdekaan diproklamasikan melalui PPKI yang terbentuk sebelumnya, setelah seluurh persiapan kemerdekaan selesai.

Golongan muda akhirnya menculik Sukarno dan Muhammad Hatta ke Rengasdengklok untuk meminta mereka segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah ada kesepakatan bahwa proklamasi  kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan secepatnya, Sukarno dan Muhammad Hatta akhirnya dikembalikan ke Jakarta.

9.Otonomi daerah adalah hak atau kewajiban daerah sendiri atau daerah masyarakat untuk mengatur pemerintahan sesuai peraturan perundang un

10.Pembahasan: otonomi daerah tepat diterapkan di Indonesia dikarenakan hal tersebut mampu meringankan beban urusan pemerintahan pusat, sehingga Pemerintahan dara dapat mandiri dalam menjalankan perekonomian. kita dapat lihat mengenai perkembangan perekonomian yang siginifikan, dikarenakan adanya kebijakan pemerintah yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat daerah

Jadi gimana? Apa artikel barusan cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki pendapat yang lebih baik?

By bye…