Jawaban Buatlah Kultum Singkat Tentang Puasa Sunnah! Tolong pliss​

Hei hei hei… jumpa lagi teman-teman di Info Kita Semua, portal soal untuk siswa Indonesia.

Pada artikel kali ini kita akan membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Buatlah Kultum Singkat Tentang Puasa Sunnah! Tolong pliss​, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

Buatlah Kultum Singkat Tentang Puasa Sunnah!
Tolong pliss​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Buatlah Kultum Singkat Tentang Puasa Sunnah!
Tolong pliss​

Jawaban:

Bulan-bulan yang Disunahkan Memperbanyak Puasa

Selain puasa sunah di atas, terdapat bulan-bulan tertentu yang dianjurkan memperbanyak ibadah dan puasa. Bulan tersebut adalah Sya’ban dan bulan-bulan haram (asyhurul hurum), yakini Dzulqa’dah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab pada penanggalan hijriah.

Keutamaan menjalankan puasa pada Sya’ban tergambar dalam hadis riwayat Usamah bin Zaid, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Bulan Sya’ban adalah bulan ketika manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan,” (H.R. Nasa’i).

Sementara itu, Dzulqa’dah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab merupakan bulan-bulan suci ketika amalan baik dilipatgandakan pahalanya. Oleh sebab itu, ibadah puasa dianjurkan untuk diperbanyak

Ibnu Rajab Al Hambali dalam kitab Latha’if al-Ma’arif (1989:207) menyitir Ibnu ’Abbas yang mengatakan, “Allah mengkhususkan 4 bulan tersebut (Dzulqa’dah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab) sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”

Penjelasan:

Bagaimana? Apa pembahasan tadi sudah membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

By bye…