Jawaban Bagaimana OJK menyelesaikan permasalahan pada lembaga keuangan tersebut

Hello jumpa lagi dengan kalian di Info Kita Semua, bank soal untuk pelajar Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Bagaimana OJK menyelesaikan permasalahan pada lembaga keuangan tersebut, yuk kita sama-sama simak pembahasannya.

Pertanyaan

Bagaimana OJK menyelesaikan permasalahan pada lembaga keuangan tersebut

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Bagaimana OJK menyelesaikan permasalahan pada lembaga keuangan tersebut

Bagaimana OJK menyelesaikan permasalahan pada lembaga keuangan?

OJK memiliki strategi dalam rangka pencapaian visi dan misinya, dengan adanya strategi tersebut akan membantu OJK dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, berikut strategi tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Pembahasan

Strategi 1: Mengintegrasikan pengaturan dan pengawasan lembaga keuangan. Tujuannya adalah untuk mengurangi dan menghilangkan duplikasi serta pengaturan yang terpisah-pisah melalui harmonisasi kebijakan. Dengan demikian akan diperoleh nilai tambah berupa peningkatan efisiensi dan konsistensi kebijakan pengurangan arbitrasi sehingga mendorong kesetaraan dalam industri keuangan, pengurangan biaya terhadap industri dan masyarakat. Integrasi akan mengacu pada Arsitektur Pengembangan Sektor Jasa Keuangan yang mensinergikan berbagai master plan yang telah disusun sebelumnya di Bank Indonesia dan Bapepam-LK.

Strategi 2: Meningkatkan kapasitas pengaturan dan pengawasan. Strategi ini ditempuh melalui adopsi kerangka peraturan yang lebih baik dan disesuaikan dengan kompleksitas, ukuran, integrasi dan konglomerasi sektor keuangan. Selain itu juga akan dikembangkan metode pengawasan termutakhir dan bersifat holistik bagi seluruh sektor keuangan, termasuk penyempurnaan metode penilaian risiko dan deteksi dini permasalahan di lembaga keuangan.

Strategi 3: Memperkuat ketahanan dan kinerja sistem keuangan. Strategi ini ditempuh dengan memberikan fokus pada penguatan likuiditas dan permodalan bagi seluruh lembaga keuangan, sehingga lebih tangguh dalam menghadapi risiko baik dalam masa normal maupun krisis.

Strategi 4: Mendukung peningkatan stabilitas sistem keuangan. Selain mengatur dan mengawasi industri keuangan secara individual, OJK juga menganalisis dan memantau potensi risiko sistemik di masing-masing individual lembaga keuangan. Kewenangan untuk melakukan pengawasan secara integrasi akan memberi ruang bagi OJK untuk memantau secara lebih dalam berbagai kemungkinan risiko dan mengambil langkah-langkah mitigasinya, terutama risiko yang terjadi di konglomerasi keuangan.

Strategi 5: Meningkatkan budaya tata kelola dan manajemen risiko di lembaga keuangan. Budaya tata kelola dan manajemen risiko yang baik harus menjadi jiwa dalam kegiatan di sektor keuangan. Untuk itu OJK akan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dan manajemen risiko yang setara di seluruh lembaga jasa keuangan. Tidak kalah pentingnya adalah pengembangan budaya integritas yang menuntut kepemimpinan yang kuat dan berkarakter. Untuk itu ke depan OJK akan memberikan bobot lebih pada penilaian aspek ini dalam proses fit and proper test pengurus lembaga keuangan.

Strategi 6: Membangun sistem perlindungan konsumen keuangan yang terintegrasi dan melaksanakan edukasi dan sosialisasi yang masif dan komprehensif. Strategi ini diperlukan untuk mengefektifkan dan memperkuat bentuk- bentuk perlindungan konsumen yang selama ini masih tersebar, sehingga bersama sama dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi akan mewujudkan level playing field yang sama antara lembaga jasa keuangan dengan konsumen keuangan.

Strategi 7: Meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia. Strategi ini diperlukan untuk menjawab kebutuhan akan capacity building bagi pengawas.

Strategi 8: Meningkatkan tata kelola internal dan quality assurance. Untuk keperluan ini, OJK akan menerapkan standar kualitas yang konsisten di seluruh level organisasi, menyelaraskan antara tujuan OJK dengan kebutuhan pemangku kepentingan antara lain membuka dialog dengan industri secara berkala, dan memastikan pengambilan keputusan yang tepat sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang tugas dan fungsi OJK brainly.co.id/tugas/2647499

2. Materi tentang pengertian otoritas jasa keuangan brainly.co.id/tugas/9022777

3. Materi tentang permasalahan lembaga jasa keuangan yang telah diatasi oleh OJK brainly.co.id/tugas/20949528

————————————————————————————————————–

Detil Jawaban  

Kelas : X (SMA)  

Mapel : Ekonomi

Bab : Lembaga Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia

Kode : 10.12.5

Kata kunci : OJK, penyelesaian masalah, strategi OJK

Bagaimana? Apa tulisan barusan cukup membantumu?

Atau kamu mungkin memiliki pendapat yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…