Jawaban Assalamualaikum wr,wb. Pelajaran kita hari ini fiqih: Membaca bagian e dan f Soal: 1.sebutkan hal-ha…

jumpa lagi kawan-kawan di Info Kita Semua, bank soal untuk pelajar Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Assalamualaikum wr,wb. Pelajaran kita hari ini fiqih: Membaca bagian e dan f Soal: 1.sebutkan hal-ha…, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

Assalamualaikum wr,wb.
Pelajaran kita hari ini fiqih:
Membaca bagian e dan f
Soal:
1.sebutkan hal-hal yg membatalkan ibadah puasa!
2.tulislah doa sebelum berbuka puasa!
3.apa itu arti sunnah dalam pelaksanaan ibadah puasa?
4.sunnah dalam ibadah puasa ada berapa,sebutkan​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Assalamualaikum wr,wb.
Pelajaran kita hari ini fiqih:
Membaca bagian e dan f
Soal:
1.sebutkan hal-hal yg membatalkan ibadah puasa!
2.tulislah doa sebelum berbuka puasa!
3.apa itu arti sunnah dalam pelaksanaan ibadah puasa?
4.sunnah dalam ibadah puasa ada berapa,sebutkan​

Jawaban:

(1.)Hal Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya

Makan dan minum disengaja.

Jima’

Mengeluarkan mani dengan sengaja.

Muntah disengaja.

Memasukkan jarum suntik.

Haid dan Nifas.

Memasukkan benda melalui qubul dan dhubur.

Gila (hilang akal)

(2).Terdapat beberapa doa buka puasa yang bisa digunakan oleh seluruh umat muslim. Doa ini dibaca sebelum membatalkan puasa Ramadhan. Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

(3.)Makan Sahur

Sahur dilakukan pada malam/dini hari. Memang, sebaiknya seorang muslim mengakhirkan sahur. Namun, ia juga layak memilih waktu yang tepat atau bukan waktu yang diragukan sudah terbit fajar (wakt subuh) atau belum.

Nabi Muhammad menganjurkan umat beliau untuk bersantap sahur. Rasulullah bersabda, “Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan.” (H.R al-Bukhari).

2. Menyegerakan Berbuka

Berkebalikan dengan sahur yang dikerjakan pada akhir waktu, berbuka justru sebaiknya disegerakan begitu tiba waktu magrib. Saat berbuka, Nabi Muhammad memakan kurma. Jika tidak ada, maka air putih sudah cukup untuk melepaskan dahaga.

Rasulullah bersabda, “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

3. Membaca Doa Ketika Berbuka

Terdapat ragam doa ketika menyantap makanan buka puasa yang sama-sama diriwayatkan dari ucapan Rasulullah. Dalam Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib, versi panjang doa buka puasa yang dibaca setelah sedikit menyantap hidangan berbuka, adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa bika wa’alaika tawakkaltu dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insyâ Allah. Yaa waa si’al fadhli ighfirlii alhamdulillahilladzi hadaanii fasumtu warozaqii faafthortu

Artinya, “Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, hanya kepada-Mu aku bertawakal. Sungguh, rasa haus sudah sirna, urat-urat sudah basah, dan balasan sudah tetap, insya Allah. Wahai Dzat yang maha luas karunia-Nya, ampunilah aku. Segala puji hanya milik Allah Dzat yang telah memberiku petunjuk, hingga aku kuat berpuasa. Lalu Dia memberiku rezeki.

4.Puasa sunnah memiliki beberapa jenis diantaranya sebagai berikut.

Puasa Syawal. Jenis puasa pertama dari puasa sunnah adalah puasa Syawal. …

Puasa Arafah. …

6. Puasa Tarwiyah. …

7. Puasa Senin dan Kamis. …

Puasa Daud. …

Puasa ‘Asyura. …

10. Puasa Ayyamul Bidh. …

Puasa Sya’ban (Nisfu Sya’ban)

Penjelasan:

maaf kalau salah

Jadi gimana? Apa tulisan di atas cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

By bye…