Jawaban apa saja kewajiban puasa ​

Hei hei hei… jumpa lagi kawan-kawan di Info Kita Semua, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita mau membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: apa saja kewajiban puasa ​, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

apa saja kewajiban puasa

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: apa saja kewajiban puasa

Jawaban:

puasa Ramadhan bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga semata. Sebab jika hal itu terjadi, justru kita akan terjebak dengan dimensi fisik belaka, padahal puasa substansinya lebih condong pada dimensi kejiwaan atau lebih tepatnya memadukan dimensi fisik dan kejiwaan.

Sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam; “Begitu banyak orang yang menikmati hanya mendapatkan lapar dan haus belaka,” al-Hadits. Sehingga dari kedua dalil tersebut, dapat kiranya kita mengambil kesimpulan sendiri, untuk apa yang kita rencanakan tersebut.

Kelebihan tersebut hanya dilakukan satu bulan penuh selama Ramadhan, di mana secara umum kehidupan manusia modern, termasuk di Indonesia yang mencakup manusia pada suatu situasi dan kondisi yang runyam. Aktivitas dalam segala bentuk justru menjurus pada hal-hal yang semakin rumit, baik secara individu, sosial maupun spiritual.

Tampak terlihat begitu banyak penyakit individu yang bersifat fisik, kejiwaan maupun moral yang diderita manusia modern, termasuk hubungan berbagai jenis obat fisik hingga obat penenang yang tidak jarang digunakan. Hal itu jelas menunjukkan gejala yang semakin meluas.

Penyakit sosial yang mulai menyebar secara terarah sebagai dampak kehidupan yang semakin meningkat, krisis bangsa ini penyebab utamanya adalah penyakit moral yang sudah bisa dikatagorikan kronis dan tidak hanya mereka yang melakukan tapi juga mereka yang tidak ikut serta.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: apa saja kewajiban puasa

Jawaban:

Dalilnya, adalah firman Allah Ta’ala dalam QS. Al Baqarah [2] : 183,

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Diriwayatkan bahwa seorang Arab Badui datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan berambut kusut, kemudian dia berkata kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Beritahukan aku mengenai puasa yang Allah wajibkan padaku.”

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”(Puasa yang wajib bagimu adalah) puasa Ramadan. Jika engkau menghendaki untuk melakukan puasa sunnah (maka lakukanlah).”

(HR. Bukhari)

Bagaimana? Apa penjelasan di atas dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

By bye…